RSS
Container Icon

Manusia dan Kegelisahan

MANUSIA DAN KEGELISAHAN



A.          PENGERTIAN KEGELISAHAN

        Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tentram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar dan cemas. Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu. Contoh mundar-mandir, duduk termenung, wajah murung atau sayu, malas berbicara dll. Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi kecemasan. Sigmun Freud ahli psikoanalisa berpendapat, bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan (obyektif), kecemasan meorotik dan kecemasan moril.

1.            Kecemasan Obyektik
Kecemasan tentang kenyataan adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar. Bahaya adalah sikap keadaan dalam lingkungan seseorang yang mengancam untuk mencelakakannya.

2.            Kecemasan neorotis
Kecemasan ini timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah. Menurut Sigmun Freud,  kecemasan ini dibagi menjadi 3 macam yaitu  kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri, bentuk ketakutan yang tegang dan irrasioanl (phobia), gugup.

3.            Kecemasan moril
Disebabkan karena pribadi seseorang. Tiap pribadi memiliki bermacam-macam emosi antar lain : iri, benci, dendam, dengki, marah, gelisah, cinta merupakan sebagian dari pernyataan individu secara keseluruhan berdasarkan konsep yang kurang sehat.

B.           SEBAB-SEBAB ORANG GELISAH
Pada hakekatnya orang takut akan kehilangan hak-haknya. Hal itu diakibatkan dari suatu ancaman dari luar maupun dalam.

C.           USAHA-USAHA MENGATASI KEGELISAHAN
Mengatasi kegelisahan ini pertama-tama harus mulai dari diri sendiri, yaitu kita harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang, kita dapat berpikir tenang. Sehingga segala kesulitan dapat kita atasi.

D.          KETERASINGAN
Keterasingan berasal dari kata terasing, dan kata itu adalah dari kata dasar asing. Kata asing berarti sendiri, tidak dikenal orang, sehingga kata terasing berarti tersisihkan dari pergaulan,terpisahkan dari yang lainnya. Keterasingan adalah bagian dari hidup manusia.

E.           KESEPIAN
Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi atau lenggang, sehingga kata kesepian berarti merasa sunyi atau lenggang, tidak berteman. Setiap orang pernah mengalami kesepian, karena kesepian bagian hidup manusia, lama rasa sepi bergantung pada mental orang dan kasus penyebabnya.

F.            KETIDAKPASTIAN
Ketidakpastian berasal dari kata tidak pasti artinya, tidak menentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, tanpa arah yang jelas, tanpa asal usul yang jelas. Itu semua adalah akibat pikirannya tidak dapat konsentrasi yang data disebabkan oleh berbagai sebab yang jelas pikirannya kacau.

G.          SEBAB-SEBAB KETIDAKPASTIAN
Beberapa sebab orang tak dapat berfikir dengan pasti ialah :
1.            Obsesi
2.            Phobia
3.            Kompulasi
4.            Histeria
5.            Delusi
6.            Halusinasi
7.            Keadaan Emosi

H.          USAHA-USAHA PENYEMBUHAN KETIDAKPASTIAN
Usaha penyembuhan bergantung kepada mental si penderita. Andaikata penyebab sudah diketahui, kemungkinan juga tidak dapat sembuh. Bila hal itu terjadi, maka jalan yang paling baik bagi penderita ialah diajak pergi sendiri ke psikolog

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar