RSS
Container Icon

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP




            Setiap manusia memiliki pandangan hidup yang berbeda-beda. Pandangan hidup memiliki arti yaitu pendapat atau pertimbangan yang di jadikan pedoman atau petunjuk dunia. Berikut adalah beberapa pandangan hidup manusia yang sering kita temui.
1.      Tradisionalisme
      Tradisionalisme adalah ajaran yang mementingkan tradisi yang diterima dari
generasi-generasi sebelumnya sebagai pegangan hidup. Tradisi dapat berasal dari praktek hidup yang sudah berjalan lama, ini disebut tradisi kultural. Dapat pula berasal dari keyakinan keagamaan yang berpangkal pada wahyu, ini disebut tradisi keagamaan. Sebagai aliran etis, tradisionalisme dapat berpegang pada tradisi budaya atau kultural yang ada dalam masyarakat sebagai warisan nenek moyang, atau pada tradisi keagamaan yang bersumber pada wahyu keagamaan. Tradisi etis itu tampak juga dalam bahasa, seperti petuah, nasihat, pepatah, norma dan prinsip, dalam perilaku, seperti cara hidup, bergaul, bekerja, dan berbuat, serta dalam pandangan dan sikap hidup secara keseluruhan. Bentuk bahasa, perilaku, pandangan, dan sikap hidup merupakan tempat menyimpan nilai-nilai etis, wahana pengungkapan, dan sarana mewujudkannya.
2.      Selibat
Selibat adalah sebuah pilihan hidup yang bersumber dari suatu pandangan atau pemikiran tertentu yang memutuskan sang pribadi untuk memilih hidup tanpa menikah. Pilihan hidup ini, meskipun bebas dianut oleh siapa saja, sebagian besar dilakukan oleh kaum rohaniwan dari agama Kristen (terutamaKatolik) dan agama Buddha. Sejumlah rohaniwan dari agama-agama lain seperti agama Hindu, penganut paham mistik dan sufi juga melakukan hal ini. Selibat seringkali dipilih oleh seseorang karena keyakinan akan totalitas pekerjaan, dengan pertimbangan, berkeluarga dipandang bisa menjadi beban. Misalnya, Dokter A ditugaskan dalam suatu peperangan. Bila dia mempunyai keluarga, keluarga tersebut bisa menjadi sasaran ancaman. Melihat situasi tersebut, ada kecenderungan orang memilih selibat.
Dalam agama Islam, selibat cenderung dihindari karena umat Islam disunnahkan (beberapa pihak berpendapat wajib) untuk menikah.
3.      Hedonisme
pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.
4.      Etimologi
adalah pandangan hidup yang menganggap kebahagiaan sebagai tujuan segala tindak-tanduk manusia. Dalam eudaimonisme, pencarian kebahagiaan menjadi prinsip yang paling dasariah. Kebahagiaan yang dimaksud bukan hanya terbatas kepada perasaan subjektif seperti senang atau gembira sebagai aspek emosional, melainkan lebih mendalam dan objektif menyangkut pengembangan seluruh aspek kemanusiaan suatu individu (aspek moral, sosial, emosional, rohani). Dengan demikian, eudaimonisme juga sering disebut etika pengembangan diri atau etika kesempurnaan hidup.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar