RSS
Container Icon

ORGANISASI PEDULI DONOR DARAH PMI INDONESIA


ORGANISASI PEDULI DONOR DARAH
PMI INDONESIA


Kita semua pasti ingin berbuat sesuatu untuk mengubah dan menyelamatkan dunia. Namun, sadarkah kita bahwa menyelamatkan dunia bisa dimulai dari menyelamatkan satu nyawa? Bahkan, menyelamatkan nyawa sesama pun tidak selalu mengharuskan kita berkorban seluruh jiwa dan raga.
Pernahkah terbayangkan mereka yang menjadi korban kecelakaan, atau yang mengidap penyakit tertentu (seperti penderita Leukimia, Hemofilia) atau penderita penyakit lain yang membutuhkan transfusi darah, dapat tertolong dan terselamatkan karena sumbangan darah kita? Mungkin kita terlupa bahwa kita sebagai generasi muda bisa turut peduli dengan keselarasan kehidupan bersama hanya dengan menyumbang darah kita.
Kegiatan Donor Darah merupakan aktivitas yang memiliki nilai sosial kemanusiaan dan dapat melestarikan semangat kesetiakawanan sosial terhadap sesama. PDDI (Perhimpunan Donor Darah Indonesia) adalah wadah  bagi seluruh pendonor darah sukarela di tanah air, yang juga merupakan anggota Federasi Internasional Organisasi Donor Darah (FIODS). PDDI merupakan mitra kerja Palang Merah Indonesia (PMI) dalam menunjang program PMI khusus di bidang pengadaan darah. Organisasi ini diharapkan dapat  menghimpun dan membina para donor darah di seluruh tanah air agar dapat  aktif dan rutin mendonorkan darahnya. Sebagai wujud penghargaan bagi semua donor darah (sukarela), organisasi kesehatan dunia, WHO mencetuskan tanggal 14 Juni sebagai hari donor darah sedunia.
Tanggal 14 Juni ini dipilih untuk memperingati tanggal kelahiran Karl Landsteiner, peraih penghargaan Nobel atas jasanya menemukan golongan darah pada tahun 1900. Dengan keberadaan hari donor darah sedunia dan berbagai aktivitas terkait dengan peringatan ini, diharapkan jumlah orang-orang yang berpotensi menjadi donor dan bersedia menyumbangkan darah semakin meningkat. Saat ini PMI telah mendirikan dan menyelenggarakan 188 Unit Transfusi Darah (UTD) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jumlah ini dirasa belum dapat memenuhi kebutuhan dibanding jumlah kabupaten yang ada. Departemen Kesehatan mengantisipasi hal ini dengan mendirikan UTD-RS untuk daerah yang belum terjangkau UTD-PMI, disamping pengembangan Bank Darah Rumah Sakit (BDRS). Dengan berkembangnya ilmu dan teknologi, situasi dan kondisi yang ada, maka PP 18/1980 yang mendasari seluruh kebijakan pelayanan darah dianggap perlu direvisi. Kebijakan baru perlu mengatur strategi untuk menghasilkan pelayanan darah yang berkualitas, penyediaan darah yang berkualitas, penyediaan darah dan komponen yang aman, dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
Menurut Menkes,  organisasi penggerak donor darah sukarela masih sedikit.  Padahal peningkatan  donor darah sukarela akan menurunkan kemungkinan terjadinya risiko penularan penyakit darah tertentu. ada beberapa kondisi atau keadaan yang membuat orang tidak boleh mendonorkan darah, antara lain: pengidap HIV/AIDS menurut hasil pemeriksaan pada saat sebelum donor darah, pernah menderita hepatitis B, mempunyai resiko tinggi untuk mendapatkan HIV/AIDS (homoseks, morfinis, berganti-ganti pasangan seksual, pengguna jarum suntuk tidak steril). PDDI diharapkan ikut berpartisipasi aktif melalui motivasi dan penyuluhan anggotanya dalam upaya penyediaan darah aman dari donor darah sukarela sesuai kebutuhan Unit Transfusi darah yang ada di Indonesia. Untuk membangun  sistem pelayanan transfusi darah yang terjamin aman,  dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan harus ada partisipasi dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak, dimana setiap stakeholder melaksanakan tugas sesuai fungsinya, saling mendukung, terinformasikan.  PDDI juga mesti terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga yang terlibat melakukan, upaya-upaya advokasi dan sosialisasi tentang pentingnya donor darah sukarela kepada masyarakat luas. Kalau perlu kita membentuk organisasi kemanusiaan yang fungsinya bukan hanya sekedar wadah berhimpun pendonor darah aktif. Paser perlu organisasi peduli donor darah. Ini penting, untuk menyampaikan pesan-pesan kemanusian tentang pentingnya setetes darah bagi orang yang membutuhkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar