RSS
Container Icon

Tugas Teori Organisasi Umum


Nama    : Dian Ayu Lestari
NPM     : 12111022
Kelas     : 2KA44
Tugas    : Teori Organisasi Umum II

1.      Apa yang dimaksud dengan konsumsi? Bagaimana rumus persamaannya? Jenis pengeluaran apa yang bukan termasuk pengeluaran konsumsi rumah tangga? Faktor-faktor apa yang mempengaruhi konsumsi rumah tangga?
Jawab :
Konsumsi adalah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan daya guna suatu benda, baik berupa barang maupun jasa, untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan secara langsung. Rumus persamaannya adalah C = a + bYd atau C = Co + bYd. Jenis pengeluaran yang bukan termasuk pengeluaran konsumsi rumah tangga adalah kebutuhan harian (bensin, listrik, telepon, shampoo, kosmetik dll), kebutuhan incidental (pakaian, spp, uang saku, dll), kebutuhan pelayanan (periksa dokter, beli obat, infak, dll). Faktor yang mempengaruhi konsumsi rumah tangga adalah faktor ekonomi, faktor demografi, faktor non ekonomi.

2.      Apa yang dimaksud dengan investasi? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi besar kecilnya investasi?
Jawab:
            Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Faktor-faktor yang mempengaruhi besar-kecilnya investasi adalah pengaruh nilai tukar mata uang, pengaruh inflasi, pengaruh tingkat suku bunga, dan pengaruh infrastruktur.

3.      Apa yang dimaksud dengan pengeluaran pemerintah? Apa saja yang termasuk dalam pengeluaran pemerintah?
Jawab :
            Pengeluaran pemerintah (government expenditure) adalah belanja sektor pemerintah termasuk pembelian barang dan jasa dan pembayaran subsidi. Yang termasuk dalam pengeluaran pemerintah adalah belanja pegawai, belanja barang, subsidi BBM, subsidi non BBM, belanja hibah dan lain-lain.

4.      Apa yang dimaksud dengan multiplier (angka pengganda)? Ada berapa jenis angka pengganda?
Jawab :
            Multiplier atau angka pengganda adalah hubungan kausal antara variabel tertentu dengan variabel pendapatan nasional. angka pengganda dari suatu variabel untuk menghasilkan besarnya perubahan variabel pendapatan nasional (permintaan agregat). Ada 4 jenis multiplier yaitu multiplier investasi, pengeluaran pemerintah, pajak, dan anggaran seimbang.

5.      Apa yang dimaksud dengan ekuilibrium/keseimbangan?
Jawab :
            Ekuilibrium adalah keadaan yang menunjukkan baik Konsumen maupun Produsen telah menyetujui harga suatu barang, yaitu harga yang Konsumen  bersedia membeli untuk sejumlah barang sama dengan harga yang Produsen bersedia menjual untuk sejumlah barang tersebut.

6.      Apakah inflasi itu? Dan apa penyebabnya?
Jawab :
Inflasi adalah suatu keadaan dimana harga barang secara umum mengalami kenaikan secara terus menerus atau terjadi penurunan nilai uang dalam negeri. Penyebab inflasi diantaranya disebabkan oleh sektor ekspor-impor, tabungan atau investasi, pengeluaran dan penerimaan negara, sektor pemerintah dan swasta.

7.      Apa yang dimaksud dengan pengangguran? Apa saja jenis-jenisnya?
Jawab :
            Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Jenis-jenis pengangguran Berdasarkan jam kerja (pengangguran terselubung, setengah menganggur, pengangguran terbuka). Berdasarkan penyebab terjadinya (pengangguran friksional, pengangguran konjungtural, pengangguran musiman, pengangguran siklikal, pengangguran teknologi, pengangguran siklus).


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar