RSS
Container Icon

Artikel Manusia dan Kebudayaan

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN






Indonesia beraneka ragam kebudayaannya. Bukan hanya kebudayaan sajayang beraneka ragam. Mulai dari suku, budaya, agama dan masih banyak lagi. Banyak yang bilang indonesia rentan sekali terjadinya konflik budaya, suku, dan agama. Padahal dari zaman dahulu kebudayaan memang sudah ada. Kebudayaan yang turun temurun diwariskan dan di taati manusia.
Kita sebagai manusi yang berbudi pekerti harus menjaga kebudayaan asli indonesia (adat timur). Berbeda dengan zaman dahulu, kebudayaan yang masih sangat kental di indonesia sekarang berubah dan satu persatu mulai menghilanh termakan oleh zaman yang serba modern ini.
Indonesia adalah budaya timur yang mengutamakan kerohanian, gotong-royong, dan santun. Di zaman globalisasi ini seakan-akan kebudayaan asli indonesia memudar dan masuknya budaya barat. Dimulai dari cara berpakaian yang kurang sopan dan juga dari cara berbicara yang tidak sopan dll.
Kita sebagai manusia yang diciptakan oleh Tuhan, dibekali akal dan pikiran harus dapat membedakan mana yang baik dan mana yang benar. Karena pada dasarnya manusia dan kebudayaan itu saling melekat dan terkait satu sama lain. Manusia yang menciptakan kebudayaan dan setelah kebudayaan itu tercipta maka budayalah yang mengatur manusia agar sesuai dengan budaya tersebut. Oleh karena itu kita harus menjaga kebudayaan yang telah tertanam sejak dahulu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar